Kamis, 09 Mei 2013

MELINDUNGI HUTAN


Di seluruh dunia, hutan-hutan alami sedang dalam krisis. Tumbuhan dan binatang yang hidup didalamnya terancam punah. Dan banyak manusia dan kebudayaan yang menggantungkan hidupnya dari hutan juga sedang terancam. Tapi tidak semuanya merupakan kabar buruk. Masih ada harapan untuk menyelamatkan hutan-hutan ini dan menyelamatkan mereka yang hidup dari hutan.Hutan purba dunia sangat beragam. Hutan-hutan ini meliputi hutan boreal-jenis hutan pinus yang ada di Amerika Utara, hutan hujan tropis, hutan sub tropis dan hutan magrove. Bersama, mereka menjaga sistem lingkungan yang penting bagi kehidupan di bumi. Mereka mempengaruhi cuaca dengan mengontrol curah hujan dan penguapan air dari tanah. Mereka membantu menstabilkan iklim dunia dengan menyimpan karbon dalam jumlah besar yang jika tidak tersimpan akan berkontribusi pada perubahan iklim.

Hutan-hutan purba ini adalah rumah bagi jutaan orang rimba yang untuk bertahan hidup bergantung dari hutan-baik secara fisik maupun spiritual.Hutan-hutan ini juga merupakan rumah bagi duapertiga dari spesies tanaman dan binatang di dunia. Yang berarti ratusan ribu tanaman dan pohon yang berbeda jenis dan jutaan serangga-masa depan mereka juga tergantung pada hutan-hutan purba.Hutan-hutan purba yang menakjubkan ini berada dalam ancaman. Di Brazil saja, lebih dari 87 kebudayaan manusia telah hilang; pada 10 hingga 20 tahun kedepan dunia nampaknya akan kehilangan ribuan spesies tanaman dan binatang. Tapi ada kesempatan terakhir untuk menyelamatkan hutan-hutan ini dan orang-orang serta spesies yang tergantung padanya.Hutan terdiri atas berbagai jenis; hutan hujan tropis dan sedang, hutan hujan subtropis, hutan hujan musiman, hutan halimun, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan hujan lereng yang semuanya bisa jadi tergolong ke dalam bentuk primer atau sekunder. Ada 2 hal yang menjadi persamaan berbagai jenis hutan ini yaitu hutan dalam jangka panjang sangat penting bagi kelestarian kehidupan di Bumi sebagaimana kita ketahui - dan semuanya mengalami penurunan jumlah secara masif.


Pakar lingkungan menyebut hutan sebagai ‘Paru-paru Dunia’. Hutan hujan menyerap karbon, melepaskan oksigen, air bersih, dan juga menjadi tempat berlindung, sumber bahan bakar dan makanan. Hutan memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendaur ulang karbon, oksigen dan nitrogen serta mengurangi dampak polusi karena berfungsi sebagai filter alami udara yang kita hirup. Dalam proses pertumbuhannya, pohon juga menyerap panas di sekitarnya yang mengontrol suhu setempat bahkan seluruh dunia, sedangkan naungan daun-daun pohon memberikan ‘dampak pendinginan’ pada Bumi. Semakin banyak hutan yang ditebang maka semakin berkurang manfaat hutan seperti di atas yang akan kita dapatkan.


Hutan juga menyediakan manusia dengan berbagai kebutuhan penting lainnya. Apabila hutan dirusak, maka hal ini akan berpengaruh tidak hanya terhadap keseimbangan lingkungan secara langsung namun juga berdampak terhadap lingkungan sekitar. Hutan juga berfungsi menyimpan air, mengatur curah hujan dan juga merupakan rumah bagi lebih dari setengah keanekaragaman hayati bumi dengan memberikan perlindungan terhadap ekosistem yang bergantung kepadanya dan hal ini memungkinkan banyak spesies yang terancam punah dan langka bisa terus bertahan hidup.


Melindungi hutan tidak hanya penting untuk kelestarian ekosistem yang sangat diperlukan manusia namun juga menyediakan kebutuhan dan pendapatan bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Karena itu penyelamatan hutan yang tersisa merupakan hal yang sangat penting untuk melesatarikan cara hidup kita, namun dewasa ini terjadi konsumsi yang berlebihan secara global, kerakusan perusahaan dan pembalakan liar memberikan tekanan yang besar pada hutan hujan di seluruh dunia.


Kini miliaran dolar setiap tahun dijanjikan untuk membantu negara berkembang menghentikan perusakan hutan, mendapatkan energi bersih dan beradaptasi terhadap perubahan iklim menciptakan kesempatan yang besar untuk bisnis seperti Carbon Central Network dan anggota kami untuk terlibat. Deforestasi menjadi salah satu isu paling signifikan pada abad modern ini dan CCN memahami bahwa langkah-langkah penting harus segera diambil untuk mencegah penjarahan lebih lanjut atas sumber daya hutan yang penting. Adalah penting bahwa wilayah tersebut menjadi fokus utama untuk proyek konservasi baru seperti Inisiatif Selamatkan Hutan yang diprakarsai oleh Carbon Central Network.


Kini waktunya untuk melakukan tindakan global guna melindungi hutan. Dunia membutuhkan contoh sukses dari solusi iklim yang memiliki hasil yang dapat dilihat secara nyata. Ini merupakan harapan dari CCN bahwa Inisiatif Selamatkan Hutan akan menjadi langkah pertama yang penting untuk mencapai tujuan ini. Kami berharap bisa menjadi inspirasi pemerintah dan organisasi lain di seluruh dunia untuk membuat program serupa yang dapat menjadi gerakan global yang mampu menghasilkan perlindungan total terhadap hutan yang berharga yang masih tersisa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar